Tempe Sehatkan Usus


detail berita

Tempe Sehatkan Usus~KESEHATAN usus sangatlah rentan terhadap penyakit karena berkaitan langsung dengan makanan yang kita konsumsi. Probiotik menjadi zat yang dapat menjaga kesehatan usus Anda. Makanan berikut punya kandungan probiotik yang baik bagi usus Anda.

Probiotik membantu meningkatkan jumlah bakteri sehat dalam saluran usus Anda. "Karena 70 persen dari sistem kekebalan tubuh Anda berasal dari usus, bakteri sehat dalam usus Anda dapat membuat seluruh tubuh sehat," tutur Dr Natasha Iyer, Direktur Medis dari Chronos Apollo di Calgary, Kanada.

Meningkatkan jumlah bakteri sehat dalam usus dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik sangatlah baik. Berikut ini makanan khas yang punya kandungan probiotik yang baik bagi usus Anda, seperti dilansir Livestrong.

Yogurt


Yogurt biasanya mengandung bakteri baik yang digolongkan sebagai probiotik. Jika label pada yogurt Anda tidak menyatakan memiliki budaya hidup dan aktif, tandanya makanan tersebut tidak mengandung probiotik. “Bakteri harus hidup dan aktif untuk memberikan manfaat probiotik,” jelas Nicole Kuhl, Direktur Nutrisi Kedokteran di Santa Monica, California. Bentuk lain dari yogurt, seperti kefir, minuman yogurt terbuat dari susu fermentasi dengan butir kefir, juga memberikan banyak probiotik.

Kombucha

Kombucha adalah teh difermentasi dengan bakteri simbiotik dan ragi, tersedia di toko makanan kesehatan khusus. Mungkin diperlukan beberapa waktu untuk terbiasa dengan rasa manis dan asam dari minuman probiotik.

Miso

Miso adalah makanan Jepang populer yang dibuat dari fermentasi kedelai dengan jamur koji. Miso biasa dibuat sup besar bila dikombinasikan dengan air panas dan bekerja dengan baik sebagai bumbu beraroma untuk makanan Anda dan makanan ringan. Namun, Kuhl memperingatkan bahwa miso memberikan Anda seng, tembaga dan protein, dan mengandung banyak natrium. Jadi, gunakan dengan hati-hati.

Tempe


Tempe adalah makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai dicampur dengan millet atau beras. Makanan ini menyediakan protein bersama dengan probiotik. Kuhl menyarankan menaruh tempe pada salad Anda atau di tumis untuk meningkatkan sistem kekebalan dan kesehatan usus besar Anda.

Kimchi

Kimchi adalah makanan probiotik Korea dibuat dengan sayuran acar, biasanya berisi kubis, lobak, lada, bawang putih, wortel, dan saus ikan. Sementara banyak variasi hidangan ini, kimchi cenderung memiliki rasa yang sangat pedas, sesuai dengan preferensi warga Korea. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Desember 2009 oleh Journal of Applied Microbiology, probiotik dalam asinan kubis membantu proses pencernaan dan meningkatkan kekebalan Anda.





Source:health.okezone

0 komentar:

Posting Komentar