NASA ciptakan satelit 'berotak' smartphone Android


NASA ciptakan satelit 'berotak' smartphone Android

NASA ciptakan satelit 'berotak' smartphone Android~NASA berencana meluncurkan beberapa satelit baru yang bisa dibilang unik. Satelit-satelit milik NASA tersebut akan menggunakan sebuah smartphone Android sebagai otaknya. Menurut informasi  tersebut akan menjadi inti dari satelit tanpa mengalami modifikasi sedikitpun.

NASA diketahui telah membangun dua satelit dengan otak smartphone tersebut. HTC Nexus One dan Samsung Nexus S dipilih untuk menjadi otak PhoneSat, nama satelit baru NASA tersebut. Selain dua satelit tersebut, NASA masih merancang satelit ketiga.

Ketiga satelit tersebut direncanakan akan meluncur pada akhir tahun ini. Satelit akan diluncurkan di fasilitas peluncuran milik NASA yaitu Wallops Flight Facility di Pulau Wallops. Sedangkan Satelit akan menumpangi rocket Antares milik Orbital Science Corporation.

Ide ini berasal dari keinginan NASA untuk menurunkan biaya dalam pembuatan satelit. Dengan menggunakan smartphone yang sudah ada di pasaran, biaya pembuatan satelit bisa diturunkan secara signifikan. NASA menyatakan, total biaya yang dibutuhkan untuk membangun masing-masing prototype satelit hanya USD 3500 (senilai Rp 33,25 juta).

NASA menjelaskan bahwa smartphone ini akan menyediakan berbagai kemampuan yang dibutuhkan oleh sistem satelit. Berbagai kebutuhan satelit tersebut antara lain kemampuan prosesor yang cepat, sistem operasi yang lincah, berbagai sensor mini dan kamera resolusi tinggi. Tak lupa smartphone juga telah menyediakan penerima GPS dan beberapa penerima gelombang lain.





Source:merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar