7 Penyakit 'tua' yang terjadi di usia muda


7 Penyakit 'tua' yang terjadi di usia muda

7 Penyakit 'tua' yang terjadi di usia muda~Kini, berbagai penyakit telah menyerang manusia di usia muda. Fenomena tersebut sangat dipengaruhi gaya hidup tidak sehat masyarakat modern. Maka, usia tak lagi jadi patokan seseorang punya tubuh bugar. Tanpa adanya upaya untuk menjalani diet sehat dan olahraga secara teratur, tubuh akan mudah terserang penyakit. Mau tahu penyakit yang sedang nge-tren saat ini? Yuk lihat ulasan lengkap di bawah ini.

1. Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang amat serius dan terjadi pada sel yang menghasilkan melanin–pigmen yang memberikan warna pada kulit. Penyakit ini seharusnya terjadi pada usia 50-an. Namun, melanoma kini terjadi pada akhir usia remaja dan awal dua puluhan. Sinar UV menjadi faktor utama yang mengakibatan munculnya melanoma. Maka, sebaiknya selalu gunakan tabir surya SPF 30 untuk melindungi kulii dari paparan langsung sinar matahari.

2. Osteoporosis

Secara normal, osteoporosis terjadi pada usia 65-an. Anehnya, penyakit itu sekarang menyerang manusia pada usia 50-an. Merokok dan minum alkohol jadi kebiasaan buruk yang bisa mempercepat osteoporosis. Maka, perbanyak makanan kaya vitamin D dan kalsium, serta lakukan olahraga secara teratur setiap hari.

3. Stroke

Stroke biasanya terjadi pada usia lebih dari 65-an. Sekarang, stroke bisa dialami oleh anak muda berusia 20-an dan 30-an. Masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi, jadi pemicu terjadinya stroke lebih awal. Untuk menghindari stroke, kurangi asupan garam dan lemak trans, makan ikan dua kali seminggu, dan berolahraga secara rutin.

4. Kanker payudara

Ini adalah kanker pembunuh nomor satu pada wanita. Kanker payudara biasanya terjadi pada wanita berusia rata-rata 45-an atau lebih. Kini, kanker payudara sudah menyerang wanita sejak usia remaja. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, jenis kanker ini juga termasuk penyakit keturunan yang diwariskan oleh orang tua lho.

5. Alzheimer

Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan penyakit degeneratif progresif otak yang mengakibatkan gangguan berpikir dan mengingat yang serius. Penyakit ini sebetulnya lebih identik dengan orang tua pada usia lebih dari 65-an. Namun, saat ini alzheimer sudah dialami oleh orang berusia 40-an.

6. Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 lumrahnya didiagnosis pada orang berusia 40-an dan 50-an. Sekarang, penyakit ini sudah muncul pada usia anak-anak lho. Sebuah studi menunjukkan adanya hubungan antara diabetes dan paparan nitrat, nitrit dan nitrosamin dari makanan olahan dan diawetkan. Biasakan gaya hidup sehat sedini mungkin pada anak, khususnya mengenai kebiasaan makan sehat.

7. Encok

Encok umumnya diderita orang dewasa pada usia 50-an dan 60-an. Sekarang, penyakit ini sudah menyerang orang berusia 30-an. Sekali lagi, obesitas jadi faktor pemicu munculnya penyakit encok di usia lebih muda. Diet sehat adalah solusi terbaik untuk mengontrol berat badan dan kebugaran tubuh.

Penyakit sudah tak melihat usia dan jenis kelamin. Zaman modern membuat hidup serba instan dan tidak sehat. Oleh karena itu, sebelum terlambat, ayo mulai jalankan gaya hidup sehat yang baik untuk tubuh.






Source:merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar