Nanofibres, bahan berbahaya pada popok dan alat olahraga


Nanofibres, bahan berbahaya pada popok dan alat olahraga

Nanofibres, bahan berbahaya pada popok dan alat olahraga ~Nanofibres biasa digunakan untuk membuat peralatan olahraga dan popok. Ternyata, bahan ini sama berbahayanya dengan asbes lho.

Nanofibres berbentuk mirip serat asbes, yang juga dikaitkan dengan penyebab kanker paru-paru seperti mesothelioma. Menurut para peneliti, serat kecil yang dibuat oleh industri nanoteknologi ini bisa sama berbahayanya dengan asbes jika dihirup.

Nanofibres sering ditemukan pada berbagai item sehari-hari seperti peralatan olahraga, waterproofs untuk popok, dan penyedot debu. Hasil penelitian yang diterbitkan di Toxicology Sciences, menunjukkan bahwa nanofibres lebih berbahaya.

Ken Donaldson, profesor toksikologi pernapasan di Universitas Edinburgh, mengatakan: "Jenis nanofibres baru yang dibuat oleh industri nanoteknologi bisa berisiko karena memiliki bentuk mirip dengan asbes,"

Profesor Stephen Spiro dari British Lung Foundation berpendapat bahwa paparan asbes meningkatkan kasus mesothelioma hampir empat kali lipat dalam 30 tahun terakhir ini.

Profesor Stephen juga menambahkan: "Penelitian ini sangat menarik karena memberikan kita indikasi tentang ukuran serat yang dapat menyebabkan mesothelioma bila terhirup."

Raket adalah salah satu peralatan olahraga yang terbuat dari nanofibres lho. Tenang..tenang! Kini, para peneliti mulai mengembangkan nanofibres yang aman bagi kesehatan.






Source:.merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar