Zat penyebab kanker ditemukan dalam tembakau


Zat penyebab kanker ditemukan dalam tembakau

Zat penyebab kanker ditemukan dalam tembakau~Ilmuwan telah menganalisa zat ada tembakau yang merupakan karsinogen kuat penyebab kanker mulut. Ini tentu berbahaya bagi sembilan miliar orang yang memiliki kebiasaan mengunyah, membau, atau menggunakan tembakau.
"Ini adalah sampel pertama dari karsinogen dalam rongga mulut yang terdapat pada tembakau," kata Stephen Hecht, ketua penelitian.
"Hasil ini sangat penting berkaitan dengan berkembangnya penggunaan tembakau di dunia, terutama pada orang-orang muda yang berpikir bahwa tembakau yang dikunyah lebih aman dibandingkan ketika digunakan dalam rokok. Kami telah menemukan satu-satunya karsinogen kuat yang ada dalam produk ini," tambahnya.

Penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa orang yang menggunakan tembakau selain untuk merokok memiliki risiko terkena kanker mulut, kerongkongan, dan pankreas yang lebih tinggi. Ilmuwan juga menemukan bahwa pengguna tembakau mengalami kerusakan pada gen mereka akibat zat karsinogen dalam tembakau tersebut.Tim peneliti Hecht menamakan zat penyebab kanker sebagai (S)-NNN, salah satu zat yang termasuk dalam kelompok nitrosamines, karsinogen yang bisa menyebabkan kanker. Nitrosamines biasanya ditemukan dalam beberapa jenis makanan. Namun tingkat nitrosamines pada tembakau yang tidak digunakan untuk rokok lebih tinggi dibandingkan makanan.

Untuk mengetahui efek yang diakibatkan zat karsinogen ini, peneliti melakukan uji coba pada tikus. Mereka memberikan dua jenis NNN dosis rendah pada tikus selama 17 bulan. Hasilnya, salah satu zat NNN, yaitu (S)-NNN, memiliki kemampuan memicu tumor rongga mulut dan kerongkongan lebih tinggi dibanding zat lainnya."Tembakau yang digunakan selain untuk merokok telah banyak digunakan. Ini bisa menyebabkan kanker mulut, dan kita perlu menghilangkan zat karsinogen dalam semua tembakau sebelum dijual," kata Hecht.

Hecht menambahkan bahwa mengurangi zat karsinogen dalam tembakau bisa dilakukan. Faktanya saat ini banyak produk tembakau yang memiliki tingkat karsinogen rendah. Zat karsinogen ini juga perlu diwaspadai oleh para perokok, karena (S)-NNN juga bisa terdapat pada tembakau yang digunakan dalam rokok.




Source:merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar