Makanan Untuk Kesehatan Pembuluh Darah

detail berita
BANYAKNYA kasus serangan jantung, dan penyakit pembuluh darah lainnya membuat kita khawatir terhadap makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini ada beberapa bahan makanan alami yang bisa Anda temui di supermarket, yang mampu menjaga pembuluh darah Anda ada dalam kondisi terbaiknya. Seperti yang dilansir Shape.

Alpukat


Saran Megan Madden, ahli diet di New York, NY. Sebuah studi pada tahun1996 yang dilakukan para peneliti di Meksiko menemukan bahwa orang yang makan alpukat setiap hari selama satu minggu mengalami penurunan 17 persen rata-rata kolesterol darah. Terlebih lagi, tingkat LDL (Kolesterol buruk) menurun dan HDL (Kolesterol baik) kolesterol meningkat.

Gandum


Serat larut ditemukan dalam biji-bijian seperti roti gandum, beras merah, oatmeal yang mampu mengikat kolesterol dalam makanan Anda dan membawanya keluar dari tubuh Anda, Madden mengatakan, “gandum efektif menurunkan darah, tingkat kolesterol dan risiko penyakit jantung."

Kacang-kacangan


Makan segenggam kacang adalah cara yang sehat untuk jantung. "Almond sangat tinggi akan lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat,  yang baik untuk jantung. Sementara kenari merupakan sumber nabati yang mengandung asam lemak omega-3 yang disebut alpha-linolenic acid,” demikian kata Madden.

Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Delima


“Delima mengandung phytochemical yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan,” papar Dr Gregg Schneider, seorang dokter gigi berorientasi nutrisi dan ahli pengobatan alternatif.

Sebuah studi pada 2005 yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences menemukan bahwa jus delima kaya antioksidan yang merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh oksida yang membantu menjaga darah dan pembuluh arteri.

Brokoli


Brokoli kaya akan vitamin K, yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan membantu untuk menjaga kalsium dari kerusakan arteri, ujar Dr Schneider. Belum lagi, brokoli penuh dengan serat, dan penelitian menunjukkan diet tinggi serat juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Kesemek


Lupakan apel sehari, dan makan kesemek setiap hari. Buah unik ini ternyata bisa lebih baik untuk menjauhkan Anda dari dokter. Penelitian menunjukkan polifenol yang ditemukan dalam Kesemek (yang memiliki dua kali lebih banyak serat dan antioksidan lebih dari sebuah apel) dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

Jus jeruk


Sebuah studi pada 2011 yang diterbitkan online di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum dua gelas 100 persen jus jeruk setiap hari dapat membantu mengurangi diastolik  tekanan darah. Jus jeruk mengandung antioksidan untuk membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.


Source:health.okezone

0 komentar:

Posting Komentar