6 Kebaikan Serat


detail berita

SERAT dapat membantu Anda langsing dan menurunkan risiko penyakit. Ini dia enam alasan besar Anda perlu mencintai nutrisi ini

Kita semua tahu serat dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat juga baik bagi penderita diabetes karena penyerapan gula dalam serat mampu mengontrol tekanan gula darah. Inilah enam alasan Anda harus mengonsumsi banyak serat, seperti dilansir Foxnews.

Serat membuat Anda terhindar dari konstipasi (sembelit)

Serat larut melembutkan dan menambah bobot untuk tinja, mengurangi risiko terkena sembelit yang tidak nyaman. Para ahli mengatakan, diet tinggi serat juga bisa mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan divertikulosis, suatu kondisi di mana kantong kecil terbentuk dalam usus besar.

Serat membuat jantung Anda sehat

Orang dewasa dengan asupan serat tinggi memiliki risiko jauh lebih rendah dari penyakit jantung. Ini menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada rapat American Heart Association tahun lalu. Hal tersebut mendukung penelitian yang menghubungkan serat untuk tingkat yang lebih rendah dari darah, kolesterol tekanan, dan peradangan.

Serat dapat membantu Anda tetap langsing

Para ilmuwan di Tufts University di Massachusetts menemukan bahwa wanita yang makan 14 gram serat untuk diet mereka sehari-hari, rata-rata bisa mengurangi  empat kilogram dalam empat bulan.

Serat mengenyangkan

Makanan tinggi serat biasanya membutuhkan waktu mengunyah, memperlambat makan dan mempromosikan kenyang, mengisi Anda dengan lebih sedikit kalori.

Enzim dalam serat mengurangi risiko diabetes tipe 2

Serat dalam biji-bijian diperkirakan mengurangi risiko diabetes sekira 35 persen. Makanan tinggi serat cenderung mampu mengontrol lonjakan gula darah setelah Anda memakannya. (Diabetes didefinisikan oleh gula darah tinggi). Plus, serat larut memperlambat pencernaan yang membantu meningkatkan kadar glukosa darah.

Serat kurangi risiko kematian dini

National Cancer Institute menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi hingga 26 gram serat per hari dan pria yang mendapatkan 29 gram per hari, khususnya jenis biji-bijian dapat mengurangi risiko kematian dini dari sebab apa pun sebesar 22 persen.


Source:health.okezone


0 komentar:

Posting Komentar