Kebiasaan ini Ganggu Jantung Anda


detail berita

Kebiasaan ini Ganggu Jantung Anda~~POLUSI, gaya hidup, pola makan mungkin hal biasa yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Tahukah Anda, ada beberapa hal sederhana yang ternyata berpengaruh terhadap kesehatan jantung kita?


Pada kenyataannya, bukan hanya polusi atau gaya hidup yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Namun, ada hal-hal sederhana yang bisa mengganggu kesehatan jantung kita, seperti dilansir Healthcentral.


Lekas marah

Jika sering marah di tempat kerja, rumah, atau dalam situasi lain, temperamen Anda sebenarnya dapat menyakiti kesehatan, serta orang di sekitar Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa pada pria paruh baya dan wanita dengan tekanan darah normal, mereka yang memiliki tingkat kemarahan tinggi, hampir dua kali berisiko terkena penyakit arteri koroner, dan tiga kali risiko serangan jantung, dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat kemarahan rendah.

Bila Anda merasa marah, ambil nafas dalam-dalam, dan kembali fokus pada apa yang benar-benar penting dalam hidup.


Menjadi pesimistis

Cobalah untuk menjadi lebih positif dalam segala situasi bukan hanya baik untuk mental, tetapi juga hati Anda. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation pada 2009, menekankan bahwa optimisme muncul untuk melindungi terhadap penyakit jantung dan kematian, serta pesimisme yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Para peneliti mencatat bahwa orang pesimistis lebih cenderung memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, menderita depresi, kelebihan berat badan, sering merokok, menghindari olahraga, dan lebih mungkin untuk meninggal akibat semua penyebab, dibandingkan dengan orang optimis.


Kebersihan gigi

Kebanyakan orang tidak mengasosiasikan perawatan mulut mereka dengan kesehatan jantung mereka. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan (tapi bukan hubungan sebab akibat) antara penyakit gusi dan penyakit jantung.

Diperkirakan bahwa peradangan akibat penyakit gusi memungkinkan bakteri untuk masuk pembuluh darah di mulut, yang lalu berjalan ke arteri koroner. Hal ini dapat mempersempit pembuluh dan mengurangi aliran darah.



Source:health.okezone

0 komentar:

Posting Komentar