8 Penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh

8 Penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh

8 Penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh ~Sering sakit-sakitan? Itu tandanya tubuh memiliki sistem kekebalan yang lemah. Sistem kekebalan tubuh dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Sistem kekebalan tubuh yang rendah bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Berikut adalah penyebab dari rendahnya sistem kekebalan tubuh

1. Kekurangan gizi

Tubuh membutuhkan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Kekurangan gizi bisa berakibat fatal dalam jangka pendek atau panjang.

2. Paparan zat berbahaya

Paparan zat berbahaya seperti pestisida, insektisida, bahan pembersih kimia biasanya sering ditemukan di rumah, tempat kerja atau industri. Selain itu, merokok dan alkohol juga mengandung zat-zat menurunkan imunitas.

3. Racun tubuh

Tubuh memproduksi racun sendiri selama metabolisme. Jika racun ini tidak berhasil keluar dari tubuh, mereka dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

4. Stres

Stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena melepas hormon seperti neuro-endokrin, glukokortikoid dan katekolamin. Stres bahkan bisa berdampak buruk pada produksi antibodi.

5. Penyalahgunaan antibiotik

Penggunaan antibiotik yang berlebihan atau teratur bisa menurunkan tingkat kekebalan tubuh. Jadi, ketika bakteri menyerang lagi, sistem kekebalan tubuh akan gagal melawannya.

6. Kurang tidur

Studi yang dilakukan oleh Michael Irwin dari Universitas California menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan perubahan dalam jaringan sitokin. Sitokin dikenal sebagai sinyal molekul imunologi. Perubahan dalam jaringan sitokin menyebabkan imunitas seluler menurun, sehingga sistem kekebalan tubuh pun melemah.

7. Olahraga berlebihan

Seperti kata pepatah, terlalu banyak sama buruknya dengan terlalu sedikit. Olahraga berlebihan bisa membakar lebih banyak oksigen dalam tubuh. Pembakaran yang berlebihan menghasilkan radikal bebas yang menyerang sel sistem kekebalan tubuh dan menurunkan jumlahnya.

8. Makanan berkolesterol tinggi

Tingginya kadar kolesterol memperlambat proses sel pembunuh alami atau makrofag dalam menghancurkan bakteri yang menular.

Jalani hidup dengan seimbang! Berlebihan sama jeleknya dengan kekurangan. Jadi, lakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari dan jaga asupan gizi harian.




Source:merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar