Kenali Heartburn & Pencegahannya

detail berita
Kenali Heartburn & Pencegahannya~HEARTBURN adalah suatu kondisi yang tidak nyaman muncul di sekitar ulu hati dan menjalar hingga ke kerongkongan. Rasanya seolah terbakar. Serangan jantungkah? Belum tentu. Sensasi yang dikatakan awam sebagai nyeri ulu hati itu adalah heartburn atau acid indigestion.  
Mungkin sebagian dari kita belum pernah mendengar istilah ini. Heartburn memang terdengar asing bagi orang awam. Namun, beberapa di antara kita mungkin pernah merasakan gejalanya dan tidak tahu cara penanganan atau pencegahannya. Berikut ini pencegahan yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari heartburn

Hindari makanan yang asam

Hindari makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi esophageal sphincter, termasuk cokelat, permen, saus tomat, buah jeruk dan jus, minuman berkarbonasi, dan kecap. Minumlah air ketimbang soda, cari hidangan pasta yang dibuat dengan kaldu-jenis saus tomat, bukan yang berat.

Jangan konsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi

Makanan, terutama yang dapat menyebabkan heartburn. Makanan yang tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Itu berarti makanan tinggal di dalam perut Anda lebih lama dan punya kesempatan lebih besar untuk menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Pilihlah daging tanpa lemak, beralih ke ikan, atau daging ayam tanpa kulit akan sangat membantu.

Makan secukupnya

Heartburn lebih mungkin terjadi ketika Anda makan berlebihan. Makanan akan meningkatkan tekanan dalam perut Anda, yang bisa menyebabkan asam lambung untuk mendorong kembali ke kerongkongan. Carilah camilan dengan porsi kecil untuk mengganjal perut Anda dari rasa lapar sebelum jam makan utama.

Jauhi alkohol

Minum alkohol menghasilkan lebih banyak asam di perut, juga dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, sehingga memudahkan asam berbalik arah.

Jaga berat badan Anda

Obesitas meningkatkan tekanan pada perut Anda, yang dapat menyebabkan asam mengalir ke atas.

Jangan merokok

Rokok mengandung bahan kimia yang dapat melemahkan sphincter bagian bawah kerongkongan Anda.

Hindari pakaian terlalu ketat

Pilih pakaian yang tidak ketat di sekitar perut Anda. Pakaian ketat dan ikat pinggang dapat menekan perut, memaksa makanan untuk turun ke perut. Berbaring setelah makan juga menyebabkan isi perut menekan lebih keras pada sfingter esofagus bagian bawah. Tunggu  dua sampai tiga jam setelah makan sebelum Anda pergi tidur akan mencegah terjadinya heartburn.




Source:health.okezone

0 komentar:

Posting Komentar