Es Teh Sebabkan Batu Ginjal


detail berita

Es Teh Sebabkan Batu Ginjal~
JIKA Anda penggemar es teh, mungkin Anda harus mulai menguranginya sekarang. Es teh ternyata bisa menyebabkan risiko terkena batu ginjal lebih tinggi.

Batu ginjal merupakan massa yang solid dari garam dan mineral dalam urin yang terbentuk di ginjal dan tidak dapat melewati saluran kemih yang menyebabkan nyeri yang hebat. Sedangkan penyebab paling umum dari batu ginjal ialah tidak minum cukup air, konsumsi teh yang mengandung oksalat, bahan kimia yang juga berperan dalam pembentukan batu ginjal.

“Data menunjukkan laki-laki lebih rentan terhadap batu ginjal dibandingkan wanita, terutama setelah usia 40 dan ginjal batu prevalensi di antara puncak perempuan di usia 50-an,” menurut National Kidney and Disease Urologic Information Clearinghouse (NKUDIC).

Orang yang pernah memiliki batu ginjal juga rentan untuk mengidap batu ginjal kembali. Jika salah satu anggota keluarga Anda pernah ada yang terkena batu ginjal, risiko diturunkan juga besar, demikian yang dilansir Everydayhealth.

Makanan dan minuman, seperti es teh dapat memfasilitasi pembentukan batu ginjal pada individu yang rentan. Orang yang terlalu banyak minum es teh akan lebih rentan terkena batu ginjal.

Untuk melindungi terhadap batu ginjal, saran Dr Milner, sebaiknya makan lebih sedikit garam serta perbanyak kalsium yang dapat mengurangi jumlah oksalat dan tubuh menyerap lebih banyak air. Sitrat ditemukan dalam lemon juga membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Jika memiliki batu ginjal, Anda mungkin tidak merasa sakit sampai mereka mulai perjalanan dari ginjal ke kandung kemih. Anda mungkin merasakan nyeri di satu sisi, perut atau selangkangan, dan urin Anda mungkin terlihat merah muda atau merah. Jika Anda merasa gejala-gejala tersebut, hubungi dokter. Sebagai pertolongan pertama, konsumsi air putih yang banyak untuk meleburkan batu ginjal.




Source:health.okezone

0 komentar:

Posting Komentar