Vitamin A dan C juga ditemukan dalam tanaman herba


Vitamin A dan C juga ditemukan dalam tanaman herba

Vitamin A dan C juga ditemukan dalam tanaman herba~Kebanyakan orang sering berpikir bahwa tanaman herba dan rempah hanya berperan sebagai bumbu untuk masak. Padahal beberapa jenis herba mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi.

Misalnya daun kemangi, peterseli, dan ketumbar yang memiliki kandungan vitamin A dan C. Peneliti bahkan sudah membuktikan berbagai manfaat kesehatan dari beberapa herba bagi manusia. Berikut ini My Health News Daily  membagikan beberapa jenis herba yang sebaiknya lebih sering Anda konsumsi karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Curcumin
Curcumin adalah senyawa yang ditemukan dalam kunyit. Beberapa manfaat kesehatan curcumin adalah mencegah diabetes, demikian menurut penelitian dalam jurnal Diabetes Care pada tahun 2012. Mengonsumsi curcumin alami dari masakan dengan bumbu kunyit lebih disarankan daripada minum suplemen atau multivitamin.

Oregano
Penelitian dalam Journal of Essential Oil Research pada tahun 1998 lalu menunjukkan minyak pada herba oregano ampuh membunuh bakteri dan jamur tertentu. Sebelumnya, penelitian tahun 1997 oleh para ahli dari Cornell University juga menemukan fakta serupa. Peneliti menemukan bahwa oregano bisa membunuh bakteri dalam jumlah lebih banyak dalam tubuh.

Ketumbar
Daun ketumbar paling ampuh membunuh bakteri Listeria monocytogenes. Demikian menurut penelitian dalam International Journal of Food Microbiology tahun 2002. Bakteri tersebut tergolong berbahaya dan biasa ditemukan dalam makanan. Misalnya susu mentah, susu yang pasteurisasinya kurang benar, keju, es krim, sayuran mentah, sosis fermentasi, daging merah, unggas dan ikan mentah, daging unggas yang sudah dimasak, dan ikan asap.

Setelah mengetahui khasiat kesehatan berbagai tanaman herba tersebut, ada baiknya Anda lebih sering mengonsumsinya dalam masakan sehari-hari.




Source:merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar