10 Kesalahan yang sering dilakukan dengan makanan

10 Kesalahan yang sering dilakukan dengan makanan
10 Kesalahan yang sering dilakukan dengan makanan ~Beberapa orang suka melewatkan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. Atau ada juga yang tetap memakan roti dan keju yang sudah berjamur. Simak berbagai kesalahan lain yang sering dilakukan dengan makanan seperti  berikut ini.

Tidak mencuci buah
Sebelum mengonsumsi buah sebaiknya Anda selalu mencucinya terlebih dahulu. Demikian juga dengan sayuran sebelum dimasak atau dimakan secara langsung.

Tidak memasak daging dengan benar
Daging, unggas, seafood, telur perlu dimasak sampai matang. Tidak memasaknya dengan benar akan membuat beberapa bakteri masih hidup dan mengancam kesehatan diri Anda.

Tempat daging matang sama dengan yang mentah
 Jangan pernah menaruh daging yang sudah matang di tempat bekas daging mentah. Sebab ada kuman tertinggal yang bisa menyebar pada daging matang Anda. Demikian juga dengan unggas dan seafood.

Mencicipi adonan dengan telur mentah
 Telur matang mengandung Salmonella dan bakteri hajat lain yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu hindari mencicipi adonan kue dengan campuran telur mentah di dalamnya.

Lap untuk tangan dan peralatan dapur
Lap yang digunakan untuk mengeringkan tangan dan peralatan dapur sebaiknya dibedakan. Pasalnya lap untuk peralatan dapur cenderung lebih berkuman. Jangan lupa mengganti lap jika bentuknya sudah usang dan kotor.

Menyentuh daging ayam mentah
Sebelum makan, jangan menyentuh daging ayam maupun sapi mentah. Makanan mentah jelas mengandung banyak kuman. Jadi segera cuci tangan setelah menyentuhnya sebelum makan.

Makan keju lapuk
Segala jenis makanan lapuk atau basi sebaiknya tidak dimakan. Bisa aja efeknya beracun seperti apel milik Snow White.

Makanan kemasan yang rusak
Jika mengetahui makanan kemasan yang bungkusnya rusak, jangan pernah memakannya. Ingat, makanan itu sudah terbungkus dalam waktu yang lama. Anda juga tidak tahu sejak kapan bungkusnya rusak. Mungkin sekarang sudah ada jutaan kuman yang ada di dalamnya.

Menyimpan daging
Cara terbaik menyimpan daging adalah di dalam lemari es. Bukan dibiarkan di dapur dengan suhu kamar.

Cuci tangan sebelum makan
Aturan kebersihan untuk anak kecil ini rupanya tetap berlaku sampai kapanpun. Jadi, jangan pernah meninggalkan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan.

Hindari sepuluh kesalahan yang sering dilakukan dengan makanan tersebut di atas. Semoga dengan menjalaninya, Anda bisa mencegah berbagai penyakit yang mengancam kesehatan






Source:merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar