Wanita Hamil Boleh Minum Alkohol, Asal...

detail berita
SAAT hamil, minuman beralkohol menjadi pantangan tersendiri untuk diasup. Namun, hal tersebut nyatanya bukanlah larangan yang tak bisa ditawar. Mengonsumsinya tanpa  berlebihan ternyata diperbolehkan.

Dalam sebuah penelitian di Denmark, wanita hamil yang minum alkohol satu gelas sehari tidak akan membahayakan perkembangan bayi di dalam rahim dan tidak mempengaruhi IQ anak ataupun fungsi otak serta fungsi-fungsi organ lainnya.

Namun, minum alkohol sembilan gelas atau lebih dalam seminggu dapat mempengaruhi konsentrasi anak ketika berusia lima tahun. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 1.628 wanita hamil rata-rata berusia 31 tahun, seperti dilansir Female First.

Meski demikian, tak berarti hal ini menjadi semacam lampu hijau untuk wanita hamil mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Profesor Ulrik Kesmodel dari Aarhus University Hospital mengatakan bahwa minum alkohol secara terus-menerus dapat membahayakan janin. Kecanduan alkohol ketika hamil dikaitkan dengan Foetal Alcohol Spectrum Disorder pada anak-anak yang dapat menyebabkan terganggunya masalah fisik, mental dan perilaku.





Sumber:okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar