Pesawat Luar Angkasa Ini Bisa Mendarat Otomatis

detail berita
X-37B (Foto: Emirates247)
Pesawat luar angkasa tidak berawak, Air Force X-37B mendarat secara otomatis ke kamp militer Angkatan Udara Amerika Serikat di California. Setelah melewati misi klandestin (rahasia) selama 15 bulan.

DIilansir Emirates247,Air Force X-37B diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida pada Maret tahun lalu. Pesawat luar angkasa tersebut melakukan percobaan orbit selama misi.

Ini merupakan kali kedua pendaratan autonomous (mandiri) di Vandenberg Air Force Base yang terletak 13 mil barat laut Los Angeles. Pada 2010 lalu, pesawat luar angkasa tidak berawak kembali ke Bumi setelah tujuh bulan dan mengorbit sepanjang 91 juta mil.

Pesawat luar angkasa ini diatur dalam gerakan ketika robotik X-37B bersayap menembakkan mesinnya menuju keluar orbit. Lalu, menembus atmosfer dan meluncur ke bawah landasan pacu seperti pesawat terbang.

"Dengan pensiunnya armada Space Shuttle (pesawat ulang alik), program X-37B OTV memberi kemampuan tunggal untuk pengembangan teknologi luar angkasa. Kemampuan pengembalian (mendarat) ini memungkinan Angkatan Udara untuk menguji teknologi baru tanpa komitmen risiko," ujar Program Manager X-37B, Tom McIntyre.

Angkatan Udara Amerika Serikat berencana meluncurkan kembali pesawat luar angkasa X-37B pada musim gugur. Namun belum ditetapkan tanggal pastinya.




Sumber:okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar