Lokasi Favorit Nyamuk Aedes Aegypti

detail berita
DEMAM berdarah merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Untuk meminimalisir penyakit tersebut, mengenali lokasi favorit mereka menjadi tindakan preventif yang dapat dilakukan.

Demam berdarah merupakan penyakit yang tak dapat disepelekan. Pasalnya, penyakit ini berpotensi mengancam nyawa penderitanya. Karenanya, melakukan pencegahan di awal menjadi langkah sederhana yang bisa diupayakan. Salah satunya, menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan rumah dan lingkungan sekitar.

"Banyak spot yang tak banyak terpikirkan oleh manusia bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang disukai oleh nyamuk aedes aegypti," ujar dr. Rita Kusriastuti, M.Sc, Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) dalam acara Pelatihan Kader Jumantik untuk Pencegahan Tepat Demam Berdarah, di Kelurahan Bale Endah, Bandung, Selasa, 19 Juni 2012.

Rita mengingatkan bahwa Aedes Aegypti, sang pembawa virus DBD merupakan nyamuk yang menyukai genangan air bersih dan air yang agak kotor. Selain itu, nyamuk-nyamuk itu pun menyukai tempat-tempat lembab dan gelap. Karenanya, mengenali lokasi-lokasi favorit nyamuk Aedes Aegypti menjadi langkah terbaik agar Anda dapat melakukan tindakan lanjutan secepatnya.

Berikut tempat-tempat yang disukai nyamuk Aedes Aegypti yang kadang tak terpikirkan oleh manusia.

1. Alas teko.

2. Alas pot bunga.

3. Penampung air di belakang kulkas.

4. Ban bekas.

5. Alas gelas pada dispenser.

6. Tumpukan baju bekas.

7. Tempat minum burung di sangkarnya.

8. Talang di atas genteng yang tersumbat dedaunan.





Sumber:okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar