Makanan Yang Ampuh Stabilkan Emosi Saat Haid

detail berita
Sakit karena haid (Foto: Corbis)
SAAT haid melanda, ketidakstabilan emosi menjadi musuh terbesar wanita. Agar gangguan tersebut dapat terlewati dengan baik, mengonsumsi makanan-makanan ini dapat menjadi referensi.

Menstruasi merupakan pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi setiap bulan, kecuali saat kehamilan. Menstruasi biasanya terjadi pada usia 11 tahun dan berlangsung hingga Anda menopause (biasanya terjadi sekira 45-55 tahun). Secara normal, menstruasi biasanya berlangsung selama tiga sampai tujuh hari.

Jelang menstruasi merupakan masalah besar bagi sebagian wanita. Pasalnya, mood dapat dengan mudah turun naik. Biasanya Anda akan merasa lelah, mudah marah, kembung, sakit perut, demam, dan lain-lain. Guna meminimalisir hal tersebut, ketahui dulu makanan mana yang boleh dimakan dan tidak agar siklus bulanan Anda lebih mudah dikelola, seperti dilansir Sheknows.

Makan karbohidrat kompleks

Buah-buahan, sayuran, dan seluruh makanan ialah teman saat menstruasi. Buah dari gula dapat membantu mengurangi ketagihan gula biasa. Coba tambahkan aprikot, jeruk, plum, pir, ketimun, jagung, dan wortel dalam makanan ketika Anda haid.

Jangan minum kafein


Mengurangi asupan kafein dapat membantu mengurangi kembung dan menenangkan perut Anda. Kafein dapat meningkatkan asam lambung dan menjadi penyebab usus sensitif. Gantilah kopi dengan teh, jus, atau air jahe.

M
akanan kaya kalsium

Wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari. Namun, jumlah ini bisa bertambah jika sedang menstruasi. Selama haid, konsumsilah makanan kaya kalsium, seperti kale, collard hijau, brokoli, dan yoghurt.

Jangan makan terlalu banyak garam


Meskipun garam sangat penting untuk kesehatan, namun mengonsuminya secara berlebihan akan menyebabkan kembung dan retensi air. Ahli gizi merekomendasikan kadar garam yang dipakai untuk makanan 2.300 miligram/hari, atau kira-kira satu sendok teh. Cara terbaik untuk mengontrol asupan garam, yakni menghindari makanan olahan dan cepat saji. Makanan-makanan tersebut mengandung garam tiga sampai empat kali yang disarankan dalam satu kali makan.




Sumber:okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar