5 Jenis Minyak Goreng Harus Anda Milik

detail berita
(Foto: Getty Images)
MINYAK goreng tersedia begitu banyak di pasaran mulai dari harga murah hingga mahal sekaligus. Tapi minyak yang mana yang dianggap tepat untuk digunakan?

Sangat sulit menentukan minyak yang akan digunakan untuk menggoreng, untuk diberikan pada olahan salad maupun hingga digunakan untuk menumis dan memanggang.

Berikut ini ada beberapa minyak goreng yang bisa Anda miliki beserta kegunaannya, seperti dilansir Shine

Minyak canola

Minyak canola dikatakan sebagai salah satu minyak goreng yang sehat karena memiliki kandungan rendah lemak jenuh, karena kekuatan omega-3 yang tinggi juga bagus buat meraawat rambut, dan kulit biar terlihat gizinya.

Lalu mengapa bagus buat jantung Anda? karena tingkat lemak tak jenuh tunggal membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan merupakan sumber vitamin E yang kaya.

Untuk pemakaiannya biasanya minyak canola digunakan untuk menggoreng, karena diciptakan untuk menghasilkan tekstur yang renyah dan rasanya akan enak terlebih bila Anda membuat kue.

Minyak Zaitun
Minyak ini merupakan minyak yang paling umum ditemukan, selain memiliki rasa yang halus, tingginya lemak tak jenuh tunggal membuat minyak ini tidak bisa digunakan sembarangan. Minyak zaitun berasal dari buah zaitun, sehingga udara, panas dan cahaya membuat minyak ini menjadi jelek. Cukup simpan di lemari, hindari panas sinar matahari.

Minyak ini pun sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung, karena berfungsi menurunkan kolesterol terlebih tekanan darah Anda.

Untuk pemakaiannya biasanya minyak ini dipakai untuk membuat salad, bahkan minyak ini merupakan minyak paling sehat dan sering dipakai di daratan Mediterania.

Minyak kacang
Mungkin Anda mengira bahwa minyak ini berasal dari kacang tanah, bahan pokoknya berasal dalam masakan Asia. minyak ini memiliki rasa pedas dan merupakan mintak goreng terbesar karena tidak menyerap rasa dari makanan lain.

Minyak kacang juga bagus buat jantung Anda karena bebas lemak trans dan memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Minyak ini pun sering dipakai untuk menumis maupun menggoreng, apalagi minyak ini sering dipakai di negara Asia Tenggara untuk menumis

Minyak biji anggur

minyak ini dibuat dari biji anggur yang dihancurkan, minyak ini merupakan produk sampingan dari industri anggur, untuk rasa, minyak ini sangat ringan apalagi minyak ini sering dipakai sebagai pengganti minyak zaitun karena bisa menahan suhu panas yang tinggi.

untuk eksehatan, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan dari minyak ini karena dengan memakai minyak biji anggur Anda sama saja mengonsumsi segelas red wine.

Untuk pengolahannya, cukup ditumis saja, caranya sebelum menumis sayuran berikan minyak ini pada sayurannya.

Minyak Walnut

Minyak ini memiliki rasa pedas tapi untuk pemakaiannya jangan gunakan suhu tinggi karena hasilnya akan jadi tidak baik.

minyak ini memiliki manfaat yang sama seperti kenari, memiliki sedikit kalori, minyak walnut bagus buat jantung karena terdapat kadar omega-3, apalagi minyak ini mengandung vitamin K yang bagus buat wanita untuk memperkuat tulang

Untuk pemakaiannya, minyak walnut yang masih mentah paling baik bila digunakan pada saus yang masih dingin, atau taburi pada salad, ANda bisa juga memberinya pada olahan pasta.





Sumber:Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar