Cara Cerdas Semut untuk Dapatkan Makanan

 


Mungkin selama ini ada pemikiran bahwa untuk mencapai sumber makanannya, iring-iringan semut akan memilih jalan yang aman dan pendek, ternyata hal tersebut tidak selamanya benar.


Menurut hasil penelitian terbaru terhadap semut api atau semut merah (Wasmannia auropunctata), para peneliti menemukan suatu fakta baru bahwa ternyata semut akan lebih memilih untuk mencari jalan tercepat daripada jalan terpendek.

Memang agak sedikit membawa ambiguitas dalam kalimat tercepat daripada terpendek. Para semut menghindari jalanan yang akan membutuhkan energi berlebih ketika harus mengangkut sumber makanan ke dalam sarangnya walaupun jarak tersebut relatif pendek.

Seperti contohnya, para semut menghindari jalanan yang bertekstur dan lebih memilih jalanan yang datar untuk bolak-balik dalam mengumpulkan makanan.

Dalam hal ini, para peneliti mencoba menggunakan beberapa contoh medan dengan material berbeda dan meletakkan sumber makanan di ujung berseberangan dengan sarang semut. Contoh medan tersebut antara lain medan datar yang empuk, medan datar yang kasar, permukaan kaca dan beberapa lainnya.

Para semut memilih permukaan yang empuk daripada yang bertekstur dan cenderung kasar. Dengan meminimalkan jarak tercepat daripada terpendek, maka energi yang dibutuhkan untuk pengangkutan makanan tidak terlalu banyak dikeluarkan.

Dengan hasil penelitian ini, maka dapat menjawab kenapa banyak semut lebih memilih melalui dataran seperti tanah daripada harus mengangkut makanan melalui cabang pohon atau akar.






Source:merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar