AS Manfaatkan Virus Untuk Jadi Listrik


AMERIKA SERIKAT - Sekelompok peneliti AS di California telah menggunakan virus untuk membangun perangkat kecil yang mengumpulkan energi dari kekuatan mekanik dan mengubahnya menjadi tenaga listrik.
"Dibutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi usaha kami adalah langkah pertama yang menjanjikan terhadap pengembangan pembangkit listrik, aktuator untuk digunakan dalam perangkat-nano, dan perangkat lainnya yang berbasis pada elektronik virus," kata Dr. Seung-Wuk Lee dari universitas California, Berkeley.
Lee dan rekan-rekannya membangun sebuah generator yang bekerja dengan menekan jari pada elektorda berukuran perangko dengan virus khusus rekayasa.
Berdasarkan laporan yang dipublikasikan di dalam jurnal Nature Nanotechnology, tim peneliti ini menggunakan rekayasa genetika untuk menambahkan empat molekul bermuatan negatif pada salah satu ujung yang  berbentuk kotrek protein yang melapisi virus bacteriophage.
Mereka menyempurnakan sistem dengan menumpuk 20 lapisan tunggal dari virus tersebut di atas satu sama lain.
Para peneliti itu mengklaim bahwa temuan mereka dapat membantu menciptakan perangkat kecil yang menghasilkan energi listrik dari getaran tugas sehari-hariseperti menutup pintu atau naik tangga.


Source:arrahmah

0 komentar:

Posting Komentar